Menyajikan istilah-istilah dan artikel telekomunikasi

Search the Dictionary

Mengapa Klaim Garansi Perangkat Kita ditolak oleh Pihak Toko/Outlet/Galeri?


Standard umum yang diterapkan oleh Toko/Outlet/Galeri untuk menerima atau menolak klaim garansi dari konsumen adalah apakah konsumen membawa nota pembelian asli dan kartu garansi. Dari dokumen inilah bisa diketahui tanggal pembeliannya untuk menentukan masa garansinya. Meskipun sebenarnya data lengkap perangkat konsumen sudah tercatat secara sistem, khususnya jika kita mengajukan klaim langsung ke Service Center atau Galeri utama, namun dokumen ini tetap diwajibkan oleh kebanyakan Toko/Outlet/Galeri.

Kemudian kondisi lain yang bisa menyebabkan klaim garansi kita ditolak adalah:

IMEI/ Label barkode.
  • IMEI berbeda antara perangkat dengan box, 
  • Tidak ada label IMEI, kondisi perangkat tidak dapat dinyalakan.

Pengecekan visual perangkat

  • Terdapat retak/ cairan pada LCD (bisa dicek  dengan disorot menggunakan lampu senter, perangkat dalam kondisi off),
  • Terdapat bending (melengkung) pada fisik unit,
  • Casing pecah/ retak/ gompal/ bolong/ patah,
  • Indikasi kesalahan penggunaan (terjatuh, tertusuk, cairan, benturan),
  • Adanya indikasi device dicoba bongkar secara paksa, 
  • Tombol Power atau Volume rusak atau lepas atau tidak timbul, 
  •  Label indikator air tidak ada atau berubah warna, 
  •  Ada tanda bekas dibuka/ selek pada kepala screw (sekrup/baut), 
  •  Segel penutup screw tidak ada/ rusak, 
  •  Ada tanda bekas terbakar/ terkena panas berlebihan,
  • Konektor charger/battery karatan, berwarna hitam, berjamur, patah, goyang.

Software/Fungsional

  • Ada tanda "Rooted" di layar dan/ atau di versi Software Perangkat,
  • Software version nya tidak standard pabrikan,
  • Perangkat dalam kondisi Screen Locked (patern, PIN atau finger locked).

Nah, demikianlah hal-hal yang menyebabkan perangkat kita ditolak garansi nya. Khusus untuk Perangkat dalam kondisi "Screen Locked" (patern, PIN atau finger locked), sebaiknya buatlah kode kunci yang paling kita ingat. Sayang kan gara-gara lupa kode kunci nya, kita harus bayar mahal untuk unlock nya. Just info aja nih, biaya untuk unlock bisa nyampe 220 ribu rupiah (bocoran dari salah satu Service Center untuk produk yang cukup ternama di Jakarta).
Share:

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Sponsor

160x600

Charity