Menyajikan istilah-istilah dan artikel telekomunikasi

Search the Dictionary

Penjelasan Sederhana tentang Apa itu Internet of Things (IoT)

Apa itu IoT?


IoT adalah singkatan untuk 'Internet of Things'. Anda mungkin pernah mendengar tentang Internet of Things dan istilah terkait seperti IoT, Internet of Everything, perangkat-perangkat cerdas, kontrol menggunakan internet dan sebagainya karena ada banyak pembicaraan tentang IoT dalam beberapa kali. Singkatnya kita dapat mengatakan IoT berarti hal-hal yang terhubung ke internet dan bertindak cerdas yang mengurangi upaya manusia


Jadi sebenarnya apa itu IoT? dengan cara yang sederhana

"IoT adalah konsep untuk membangun koneksi di antara berbagai perangkat dan berkomunikasi dengan mereka melalui internet menggunakan aplikasi seluler atau browser web", ini adalah cara yang lebih teknis untuk mengatakan ‘Apa itu IoT?’

Internet of Things (IoT) adalah konsep teknologi dan / atau arsitektur yang merupakan kumpulan teknologi yang sudah tersedia.

Teknologi IoT dapat meningkatkan kualitas hidup dengan membuat kehidupan sehari-hari lebih sederhana, nyaman dan cepat sambil meningkatkan produktivitas.

Contoh IoT - 1:                

Anda dapat mengontrol lampu di rumah dengan MENGAKTIFKAN / MENONAKTIFKAN atau mengubah intensitasnya menggunakan aplikasi ponsel cerdas.
Anda dapat mengubah kecerahan atau warna lampu tergantung pada suasana hati dan kenyamanan Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol lampu dari lokasi manapun karena perangkat terhubung ke internet melalui router.
Jika Anda lupa mematikan lampu sebelum meninggalkan rumah dan mengingatnya kemudian, smart home akan menghemat upaya dan energi yang diperlukan untuk kembali  ke rumah dan mematikannya.

Contoh IoT - 2:

James adalah pemilik kedai kopi di jalan yang padat. Dia memiliki mesin kopi yang dioperasikan secara manual. Seiring waktu, ia senang memiliki lebih banyak pelanggan yang datang ke tokonya untuk berbagai macam minuman kopi.
James menggunakan seperangkat alat secara manual setiap kali dia harus membuat kopi. Mengoperasikan alat secara manual sangat memakan waktu dan yang berdampak negatif terhadap layanan pelanggan kedai kopi.

Untuk menangani lebih banyak pelanggan dan melayani kopi untuk pelanggan tepat waktu, James menemukan solusi. Dia mengganti alat/mesin kopi manual dengan mesin kopi otomatis, yang dapat dikontrol dari aplikasi seluler.
Sekarang James dapat mengontrol mesin kopi dari aplikasi seluler androidnya dan mengatur mesin untuk jenis dan kuantitas kopi berdasarkan pesanan pelanggan.
Menggunakan aplikasi, James juga dapat mengetahui jumlah pelanggan yang mengunjungi tokonya setiap hari dan total konsumsi kopi.

Sumber:iotdunia.com
Share:

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Sponsor

160x600

Charity