Menyajikan istilah-istilah dan artikel telekomunikasi

Search the Dictionary

Penjelasan Mengenai Struktur Frame LTE baik untuk FDD dan TDD

Durasi waktu untuk satu frame (Satu frame radio, Satu frame sistem) adalah 10 ms. Ini berarti kita memiliki 100 frame radio per detik. Mari kita lihat struktur bingkai:



  • Beberapa deskripsi tingkat tinggi yang bisa Anda dapatkan dari angka ini. 
  • Jumlah subframe dalam satu bingkai adalah 10
  • Jumlah slot dalam satu subframe adalah 2. Ini berarti bahwa kita memiliki 20 slot dalam satu frame.
  • Dan satu slot terdiri dari 7 blok kecil yang disebut 'simbol'
Struktur frame untuk LTE berbeda antara Time Division Duplex, TDD dan Frequency Division Duplex, mode FDD karena ada persyaratan yang berbeda untuk memisahkan data yang ditransmisikan
Ada dua jenis struktur rangka LTE:

Tipe 1: digunakan untuk sistem mode FDD LTE.
Tipe 2: digunakan untuk sistem TDD LTE.

Tipe 1: Struktur Frame FDD
Karena LTE FDD adalah sistem dupleks penuh, berarti baik transmisi downlink dan uplink terjadi pada waktu yang sama pada frekuensi yang berbeda.

Tipe 2: Struktur Bingkai TDD
Dalam TDD, transmisi dibagi menjadi domain waktu, berarti pada suatu saat waktu baik downlink subframe ditransmisikan atau uplink.


Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas, satu frame dibagi menjadi 10 subframe (masing-masing 1ms), dan subframe itu dapat berupa downlink, uplink, atau subframe khusus.
Sekarang pertanyaannya muncul, siapa yang memutuskan urutan subframe ini. Yang telah didefinisikan oleh 3GPP dengan nama  Konfigurasi TDD Frame. Ada pola tetap dari konfigurasi ini dan operator jaringan harus memilih dari patters yang ditentukan ini. Ada total 7 konfigurasi TDD seperti ditunjukkan di bawah ini:


Dan ada subframe khusus yang datang ketika ada transisi dari subframe downlink ke subframe uplink. Ini memiliki tiga bagian - DwPTS (Downlink Pilot Time Slot), GP (Guard Period) dan UpPTS (Uplink Pilot Time Slot) dan semua ini memiliki panjang yang dapat dikonfigurasi, yang tergantung pada konfigurasi subframe Khusus.

Konfigurasi subframe khusus seperti ditunjukkan di bawah ini:


  • DwPTS dianggap sebagai subframe DL “normal” dan membawa sinyal referensi dan informasi kontrol serta data untuk kasus-kasus tersebut ketika durasi yang cukup dikonfigurasi. Ini juga membawa PSS.
  • GPis digunakan untuk mengontrol perpindahan antara transmisi UL dan DL. Beralih antara arah transmisi memiliki penundaan perangkat keras kecil untuk UE dan eNodeB dan perlu dikompensasi oleh GP. GP harus cukup besar untuk menutupi penundaan propagasi dari DL mengganggu. Panjangnya menentukan ukuran sel maksimum yang dapat didukung.
  • UpPTSis terutama ditujukan untuk transmisi sinyal referensi (SRS) dari UE. Terutama digunakan untuk transmisi RACH.
Sumber artikel:http://www.techplayon.com/



Share:

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Sponsor

160x600

Charity