Menyajikan istilah-istilah dan artikel telekomunikasi

Search the Dictionary

Pentingkah Layanan Purna Jual Bagi Perusahaan?

Pelanggan adalah aset dari setiap bisnis. Para profesional penjualan harus berusaha sebaik-baiknya untuk memuaskan pelanggan agar mereka dapat kembali lagi memilih produk/layanan yang dijual oleh peursahaan.

Apa itu Layanan Purna Jual?

Layanan purna jual mengacu pada berbagai proses yang memastikan pelanggan puas dengan produk dan layanan
perusahaan.
  • Kebutuhan dan permintaan pelanggan harus dipenuhi bagi mereka untuk menyebarkan kata-kata positif dari mulut ke mulut. Dalam skenario saat ini, kata-kata positif dari mulut ke mulut memainkan peran penting dalam mempromosikan produk dan layanan. 
  • Layanan purna jual memastikan produk dan layanan memenuhi atau melampaui harapan pelanggan. 
  • Layanan purna jual termasuk berbagai kegiatan untuk mengetahui apakah pelanggan senang dengan produk atau tidak? Layanan purna jual adalah aspek penting dari manajemen penjualan dan tidak boleh diabaikan.

Mengapa Layanan Purna Jual?
  • Layanan purna jual memainkan peran penting dalam kepuasan pelanggan dan retensi pelanggan. Ini menghasilkan pelanggan setia dan meningkatkan nilai terhadap brand. 
  • Pelanggan mulai percaya pada perusahaan dan berhubungan dengan perusahaan untuk durasi yang lebih lama. 
  • Pelanggan yang puas dan bahagia membawa lebih banyak individu dan akhirnya lebih banyak pendapatan bagi perusahaan untuk waktu yang lama. 
  • Layanan purna jual memainkan peran penting dalam memperkuat ikatan antara perusahaan dan pelanggan.

Teknik Layanan Purna Jual
  • Profesional Penjualan harus tetap berhubungan dengan pelanggan bahkan setelah kesepakatan pembelian. Jangan pernah mengabaikan panggilan, email, pesan, dll dari pelanggan. 
  • Hubungi mereka sesekali untuk tetap menjalin ikatan.
  • Beri mereka dukungan yang diperlukan. Bantu mereka memasang, memelihara, atau mengoperasikan produk tertentu. Misalnya perusahaan yang menjual handphone, SIM card harus memastikan nomor diaktifkan sesegara mungkin setelah pelanggan menyerahkan dokumen persyaratanya.
  •  Produk yg ditemukan kondisinya dalam keadaan rusak harus ditukar sesegera mungkin. Jangan merasa terganggu oleh pelanggan. Dengarkan keluhannya dan buat pelanggan merasa nyaman.
  • Sediakan website perusahaan dimana pelanggan bisa mengajukan keluhannya. Setiap perusahaan harus memiliki  toll free number dimana pelanggan bisa menelpon dan membicarakan kebutuhannya.
  • Customer Serivce Officer harus mengambil tindakan pada kebutuhan pelanggan. Permasalahan harus bisa segera diselesaikan.
  • Ambil feedback tentang produk dan layanan dari pelanggan. Feedback atau masukan dari pelanggan membantu perusahaan untuk mengetahui hal-hal yang lebih baik dan dapat membentuk perusahaan menjadi lebih baik.
  • Perubahanan kebijakan harus transparan dan memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Pelanggan yang datang untuk menyampaikan keluhan harus diberikan perlakuan yang sama seperti ketika pelanggan datang pertama kali. Bicara kepada pelanggan dan berikan saran alternative terbaik.

Share:

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Sponsor

160x600

Charity