Persaingan di beberapa
wilayah terkadang bisa sengit dan konsumen melakukan lebih banyak riset sebelum membeli.
Karena itu mereka mengharapkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan
menanggapi masalah mereka secara efektif. Ini bahkan lebih penting ketika menyangkut
pembelian yang lebih besar. Konsumen tidak hanya akan membeli produk Anda,
mereka akan mengharapkan layanan yang mereka terima untuk memenuhi harapan
mereka. Layanan purnajual memainkan peran dalam keputusan konsumen untuk membeli.
Untuk menunjukkan bahwa bisnis Anda unggul, layanan purnajual (after sales service) harus memiliki dampak besar untuk
meningkatkan penjualan Anda. Menggunakan survei kepuasan selalu merupakan cara
yang baik untuk mengumpulkan informasi tentang layanan Anda.
Beberapa manfaat layanan
purna jual termasuk:
- Peningkatan penjualan,
- Kesetiaan pelanggan Anda,
- Peningkatan dalam kinerja Anda,
- Unsur yang membedakan Anda dari pesaing.
1. Berterima kasih kepada konsumen Anda segera setelah pembelian mereka
Jika pelanggan Anda baru saja melakukan pembelian, maka mereka berhak mengucapkan terima kasih, baik dengan mengirim email otomatis setelah pembelian mereka atau ucapan terima kasih melalui telepon. Anda membuat pengalaman pelanggan Anda lebih menarik dan Anda menunjukkan bahwa ia memilih dengan baik dengan berbisnis dengan Anda.
2. Hubungi Pelanggan Anda Setelah 1-2 Minggu
Satu atau dua minggu setelah pembelian hubungi pelanggan Anda untuk menanyakan apakah mereka puas, menerima layanan yang baik atau jika mereka memiliki pertanyaan. Kontak ini hanya berfungsi sebagai tanda perhatian, bukan untuk menjual lebih banyak. Tujuannya adalah untuk mengetahui penilaianya terhadap produk atau layanan yang dijual.
3. Jaga Komunikasi
Anda dapat terus menjaga komunikasi dengan konsumen Anda dengan mengirim e-newsletter untuk memberi tahu mereka tentang topik yang memengaruhi mereka, atau dengan menawarkan informasi melalui artikel, video, panduan, dan webinar untuk membantu memberi mereka saran tentang kebutuhan. Anda akan menunjukkan, dengan menjaga komunikasi, profesionalisme dan keahlian Anda. Jika Anda memberi mereka semua informasi yang mereka butuhkan, mereka akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan Anda.
4. Sarankan Penjualan Kedua
Sekarang setelah pelanggan Anda percaya pada Anda, inilah waktunya untuk menawarkan penjualan lain. Menawarkan mereka produk baru, layanan atau sesuatu yang terkait dengan pembelian mereka sebelumnya.
5. Mintalah Rekomendasi
Jika Konsumen puas dengan layanan Anda, tidak ada alasan untuk tidak
merekomendasikan Anda. Konsumen yang senang akan bersemangat untuk membantu Anda menawarkan layanan atau
produk Anda kepada orang-orang di sekitar mereka. Pendapat mereka akan lebih
dipertimbangkan daripada iklan.
No comments:
Post a Comment